Serba serbi conspiracy politik

Medio Mei 2009 , Heboh Antasari Azhar mungkin akan redup hanya untuk dua tiga hari karena ada deklarasi dan pendaftaran capres-cawapres RI. Namun banyak kalangan yakin, kehebohan atas pembunuhan Nasrudin Zulkarnain akan terus melahirkan kejutan-kejutan dan isu-isu yang tak terduga sebelumnya.

Publik memang harus terkejut ketika ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berstatus nonaktif itu dijadikan tersangka dalam kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnain. Publik seakan-akan tidak habis pikir bahwa penegak hukum dari lembaga pemberangus koruptor itu bisa terjerat dalam tindak kejahatan yang begitu berat.

Apalagi pemicunya persoalan cinta segitiga yang melibatkan Rhani Juliani. Wacana tentang persekongkolan berhamburan. Teori konspirasi marak dibicarakan. Namun apapun, kita semua sependapat, bahwa pihak yang berwewenang harus segera mengungkap kasus pembunuhan Nasrudin dan para pelakunya siapapun dia harus segera diadili dan dihukum sesuai hukum yang ada.
*****
Beberapa pakar ?baik di media cetak maupun elektronik? mengungkapkan bahwa ada konspirasi di balik pembunuhan Nasrudin. Bagaimana wujud konspirasi tsb, tak ada yang bisa memberikan gambaran pasti karena apa yang yang diketahui dan dimiliki penyidik, belum semuanya diungkapkan ke publik.

Konspirasi muncul karena beberapa kalangan berpendapat bahwa adalah sesuatu yang amat naif jika Antasari yang sudah menyampaikan masalahnya ke berbagai pihak kemudian memberikan perintah pembunuhan kepada sejumlah orang.

Teori konpirasi sesungguhnya bukan sesuatu yang ilmiah karena dia biasanya berangkat dari asumsi yang biasanya berkembang ke beberapa arah. Disadari maupun tidak, teori konspirasi telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, pihak yang turut serta memeriahkan teori konspirasi itu adalah media massa. Melalui pemberitaan, media menyebarkan sebuah versi tandingan yang menggugat, atau setidaknya meragukan, sebuah versi resmi yang dibuat pihak yang berwewenang.

Dalam peristiwa serangan terorisme 11 September 2001 di Amerika Serikat, begitu banyak kalangan yang memunculkan sanggahan atas versi resmi pemerintahan George W Bush yang menunjukkan otak dan para pelaku kejadian itu adalah kelompok al-Qaeda dan Usamah bin Laden. Mereka yang terperangkap dalam teori konspirasi mengembangkan versi lain: 11 September adalah hasil rancangan agen-agen Yahudi. Buku-buku yang menuliskan ini, begitu banyak tersebar.

Pembunuhan John F Kennedy yang berkaitan dengan konspirasi pembunuhannya, ditulis oleh banyak nama. Oxford Advanced Learner’s Dictionary menuliskan konspirasi diartikan sebagai “sebuah rencana rahasia oleh sekelompok orang untuk melakukan sesuatu yang ilegal atau merugikan”. Jadi, setiap konspirasi mengandaikan perbuatan yang serba tersembunyi.

Makna teori konspirasi, sebagaimana ditulis wikipedia, adalah teori tentatif yang menjelaskan sebuah peristiwa historis atau yang baru saja terjadi sebagai hasil perbuatan komplotan rahasia yang berasal dari para konspirator dan kadang adalah machiavelian yang penuh kuasa.

Kadang tak ada bukti yang cukup dan meyakinkan yang disodorkan ketika orang menyebutkan adanya konspirasi. Jadi yang ada adalah spekulasi dan hipotetis. Ketika belajar diploma Forensik dulu, kami ditekankan atas sesuatu yang disebut “identifikasi”. Sesuatu yang banyak diabaikan oleh pengamat bahkan pakar dan pada akhirnya media. Padahal media sendiri mengenal apa yang disebut jurnalisme-investigativ atau lebih populer dengan sebutan liputan investigasi.
*****
Terlalu banyak pertanyaan seputar kasus yang melilit nama Antasari Azhar. Ketika kasus Munir ditangani, penyidik sempat menyatakan bahwa pemberian racun dilakukan di atas pesawat, sehingga seorang pramugari juga harus menjadi traumatik karena diperiksa berhari-hari untuk sebuah kasus pembunuhan yang begitu menghebohkan.

Belakangan setelah MA sempat memvonis bebas Pollycharpus, penyidik membuat kesimpulan lain, pemberian racun dilakukan di Coffee-Bean Changi Airport Singapura. Belakangan tersangka pelaku intelektualnya dinyatakan bebas oleh pengadilan. Bagaimanapun, kasus pembunuhan Nasrudin masih akan terus menghadirkan fakta-fakta baru.

Kecermatan penyidik dalam meng-identifikasi fakta yang ada, kearifan para pengamat dalam memberi komentar serta keakuratan media dalam meliputnya, akan membantu kasus ini diungkap dengan seadil-adilnya dan seproporsional mungkin. *****

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: