Bangsa Cina

Simbol Hewan Menurut Bangsa Cina

Simbolisme burung china
Burung
Sebagai mahluk yang menyenangkan yang berwarna-warni , burung berterbangan menghiasi angkasa . Oleh karena itu mereka sering menjadi lambang dewa-dewi langit . mereka mungkin maskot / lambang pembawa berita bago dewa-dewi / merupakan personifikasi dewa-dewi itu sendiri . Kicau burung menjadi tanda bagi manusia bahwa musim semi akan tiba / malam sudah mendekat / musim salju akan datang . Sedangkan bila burung-burung tak berkicau , maka arti nya bahaya sedang mengincar . Banyak jenis burung telah di jadikan lambang oleh orang china sejak jaman kuno .
Lambang-lambang burung dari perunggu yang berasal dari jaman purba dapat di kelompokkan menjadi empat jenis :
1 ) Yang mempunyai mahkota yang melengkung dan ekor yang panjang melayang turun melambangkan dewa angin dan Feng Huang .
2 ) Yang berukuran sedang sampai yang berukuran kecil adalah burung-burung pemangsa .
3 ) Burung-burung pemangsa jenis yang lebih besar dalam keadaan tegak , seperti elang , rajawali dan garuda .
4 ) Unggas tak bermahkota seperti merpati / bebek .

Umum nya burung tak berkicau pada malam hari . Suara burung yang terdengar pada waktu antara senja dan fajar merupakan tanda kurang baik , kecuali suara itu datang dari burung-burung malam seperti burung hantu . Kicau burung sangat menonjol pada waktu fajar dan senja hari , yaitu waktu-waktu yang penuh kegiatan . Tingkah laku aneh dari burung bisa menjadi pertanda yang dapat di manfaatkan oleh mereka yang memahami tanda-tanda itu .

Terdapat banyak sekali pertanda yang si tunjukkan oleh tingkah laku burung yang tak biasa .
Salah satu nya adalah asosiasi antara burung dengan masing-masing bulan dalam setahun .Tiap bulan di asosiasikan dengan burung-burung tertentu ( Bowie 1911 )
Urutan bulan yang di asosiasikan dengan jenis burung .
Bulan pertama :
yang di asosiasikan dan keberuntungan tahun baru adalah bangau dan kura-kura kedua nya melambangkan umur panjang . Bangau hidup selama seribu tahun dan kura-kura selama sepuluh ribu tahun . Paham pinus adalah pohon khas musim ini dan oleh karena itu bangau sering di lukis bersama dengan pohon pinus . Burung garuda di asosiasikan dengan hari ke tujuh tahun baru .

Bulan kedua :
Ayam jantan dan ayam betina adalah unggas untuk bulan ini . Buah prem dan ayam menjadi lambang bulan ini . Kokok ayam berarti ” Semoga bangsa kita berbahagia dan juga langit di timur mulai merah ( merah yang diartikan di sini adalah rejeki untuk awal kehidupan ) Masa ini adalah masa habis nya salju .

Bulan ketiga :
Bunga persik aprikot yang merupakan lambang panjang usia , banyak terdapat dalam masa ini . Dalam masa ini tak ada burung yang di anggap membuat keberuntungan . Ada lambang gagak yang menandakan akhir musim semi .

Bulan keempat :
Bunga wistria bermekaran . Dalam lukisan burung-burung kecil / Sundachi dori sering terlihat bertengger di dahan wistaria . Ia melambangkan kasih sayang orang tua , sebagaimana induk burung dengan penuh kasih sayang merawat anak nya .

Bulan kelima :
Bunga iris bermekaran , burung tekukur rembulan dan gurame melompati air terjun adalah lambang-lambang kegemaran bulan ini .

Bulan keenam :
Rasa dingin air terjun di gambarkan bulan ini dan pipa bambu yang membawa air melambangkan rasa dingin itu .
Seekor burung kecil mandi di air dingin itu .

Bulan ketujuh :
Dalam masa ini semua burung dengan bulu warna-warni berterbangan ke luar untuk mandi dan menandingi warna-warni bunga .

Bulan kedelapan :
Kelinci di bulan dan burung gereja pada batang padi merupakan lukisan favorit untuk bulan ini . Kepercayaan orang china pada bulan ini kelinci sedang membuat kue beras di bulan . Masa ini adalah masa pemujaan bulan .

Bulan kesembilan :
Seruni , alang-alang dan capung di lukis orang dalam bulan ini . Kesemuan nya untuk memperingati seorang pemuda bangsawan yang di buang dari istana .

Bulan kesepuluh :
Angsa berasal dari daerah dingin dan mereka membuat angkasa indah ketika terbang dengan anggun nya . Kera dan bajing juga berlompatan di antara pohon-pohon kesemek dan mencari jamur . Kesemuanya ini melambangkan sesuatu yang bersifat tetap .

Bulan kesebelas :
Sisa seruni bergantungan di pagar bambu dan salju mulai berjatuhan . Anjing menikmati masa ini . Dalam masa ini bebek mandarin menjadi lambang pengabdian ibu dan kesetiaan perkawinan . Waktu ini baik untuk melangsungkan pernikahan .

Bulan kedua-belas :
Serunai putih bermekaran dan bunga bakung mulai terlihat . Dahan-dahan prem di hinggapi banyak burung kecil .
Garuda menangkap burung dengan cakar nya , tapi tak membunuh nya , setelah melepaskan burung tersebut .
Garuda itu tak akan mengejar burung ini selama dua puluh empat jam . Kemudian saat ini adalah saat yang menunjukkan keagungan .

Walaupun kebanyakan burung yang ada dalam kisah-kisah china adalah burung-burung yang terdapatdi alam , beberapa hanya ada dalam mitologi seperti burung finiks,
Ada macam lain burung-burung mitos :

Feng Niao / burung gajah :
Dalam mitologi ia besar sekali dan terbang nya sangat cepat. Burung ini melambangkan kemajuan cepat dalam belajar dan keberhasilan dalam hidup .
Burung Tung Li / burung Yan Jih :
Warna nya hitam leher nya 22 , 5 cm dan suara nya seperti genderang . Ia memangsa ular . Bilamana ia hinggap di suatu tempat , pohon di bawah nya akan mati . Bulu nya yang di celup dalam anggur sangat beracun . Racun ini di kenal sebagai racun Chen

Simbolisme Bulbul china (Bulbul / Nightingale)
Bulbul adalah burung kecil dengan kepalan berbulu putih .
Ia selalu terbang berpasangan , oleh karena itu ia adalah lambang umur panjang dan juga keberuntungan perkawinan , karena pasangan suami dan istri itu di harapkan untuk selalu bersama bahkan bila mereka sampai tua dan berambut putih seperti kepala bulbul yang berbulu putih .
Oleh karena itu dalam lukisan bulbul terdapat bersama dengan bunga peoni untuk melambangkan kekayaan dan umur panjang . Lukisan semacam ini adalah hadiah yang tepat untuk sepasang pengantin baru . Sepasang burung bisa juga di lukis bersama dengan pohon-pohon lain seperti malklow dan camelia ( Liang 1979 )

Garuda .
Ketika garuda melesat semua yang bisa terbang akan diam , mereka mendadak seperti lumpuh karena rasa takut yang besar . Burung-burung kecil gemetaran di semak-semak dan dapat dengan mudah di tangkap . Hanyalah burung penyanyi / wren yang bisa membuang rasa takut nya dan terbang melesat cepat untuk menangkap burung ini , tapi kemudian membiarkan nya pergi karena kagum atas keberanian burung kecil ini . Rasa takut ini juga di rasakan oleh elang dan rajawali , apalagi ia melihat garuda melesat datang mendekat .
Rajawali tentu lebih kuat dan besar dari garuda , tapi ia tak mempunyai keberanian . Ia akan terbang melarikan diri , tetapi jika rajawali ini kemudian memutuskan untuk menghadapi garuda , setelah rajawali itu mendapatkan kembali keberanian nya dan menyadari ukuran nya yang besar , maka kedua nya akan bertarung dan terluka parah .
Burung garuda yang nampak besar , agung dan berani merupakan lambang burung buruan yang sangat di gemari raja-raja bahkan juga dalam jaman china kuno . garuda / Peregrive yang besar ukuran nya dan berwarna putih dan hitam adalah burung yang sangat mencolok keberadaan nya dalam lukisan-lukisan china .
Bagi orang china rajawali , garuda dan elang di kelompokkan sebagai Yin , yang merupakan lambang seekor burung yang menukik menyambar burung lain ( Williams 1931 )
Arti keberuntungan Garuda .Burung garuda adalah salah satu burung pemangsa yang terkenal sebagai gambar hiasan di perabotan dan benda-benda seni . Ia melambangkan keberanian dan penglihatan yang tajam . Dalam jaman kerajaan , bendera-bendera garuda yang bergaya Yu di taruh di kereta-kereta perang sebagai lambang kekuasaan . ( Williams 1931 )
Garuda di asosiasikan dengan bulan pertama bersama dengan bangau dan kura-kura yang kedua nya melambangkan umur panjang juga di asosiasikan dengan tanggal tujuh bulan tujuh imlek . ( Bowie 1911 ). Ia juga di asosiasikan dengan bulan ke dua belas pada saat ketika burung ini akan menangkap seekor burung dengan cakar nya , tapi tak membunuh nya , tapi kemudian membiarkan nya pergi karena kagum atas keberanian burung kecil ini .
Garuda tak akan memburu burung itu selama dua puluh empat jam berikut nya , waktu tersebut adalah waktu keagungan .
Ekor garuda bisa menjadi jimat penyembuh orang yang menderita penyakit cacar ( William 1931 )
Delapan diargram / Pa Kua di china berhubungan dengan garuda .
Sebenar nya suatu pusat mutiara dari An Yang ( dinasti Shang 1400 sebelum masehi ) berupa sebuah bintang dengan bagian tengah yang jelas dan di kelilingi oleh pita kecil dan mempunyai segi delapan yang berbentuk kelopak bunga . ( Waterbury 1952 )
Garuda emas di lambangkan Raja para burung , ia sering di asosiasikan dengan finiks . Menurut kepercayaan anak yang di lahirkan ketika garuda emas di atas atap rumah , anak itu mempunyai kekuatan yang sangat besar / mempunyai kekuatan langit . Garuda juga di gunakan suku-suku di pegunungan kun Lun yang di percaya mereka keturunan dinasti Shang .

Merpati / Burung dara .
Berbagai jenis merpati Columus dan burung dara terdapat di china termasuk merpati-kura-kura timur / Turtar Orientaks . Pada masa dinasti Han , merpati yang dianggap sebagai pembawa berita bagi Hsi Wang Mu / sang ratu langit , di gunakan sebagai lambang dan sepotong tongkat dengan pegangan dari batu giok berhiaskan bentuk burung merpati untuk di hadiahkan kepada seorang yang merayakan ulang tahun nya yang ke delapan puluh .
Tongkat ini menjadi hadiah bagi seorang yang berusia lanjut untuk menyatakan harapan bahwa orang itu akan di berkati dengan umur yang lebih panjang dan mampu mencerna makanan seperti yang di lakukan oleh burung dara .
Seperti juga bangau , merpati bisa melakukan tarian Yu untuk memancing ke luar ular yang kemudian akan di bunuh nya . ( Eberhard 1968 )
Orang china juga menganggap merpati sebagai burung yang bersikap bodoh dan menimbulkan gairah , tetapi setia , tak berpihak dan menggasihi anak nya . yaitu dengan memberikan kepada anaknya makanan yang telah dihancurkan terlebih dahulu .Merpati memberikan makanan kepada tujuh anak nya dalam satu urutan pada pagi hari dan kmudian dengan uutan yang berlawanan pada malam hari . Penyakit cacar dapat di hindari dengan makan telur merpati ( Williams 1931 ) .Dengan menggunakan persamaan bunyi antara tujuh ( Chi ) dapat satu ( i ) .
Buku ode memuji tingkah laku yang bijak : Merpati di pohon mulberi . tujuh ekor anak nya yang kecil . Seorang yang bajik yang bersifat kebangsawanan , selalu baik dalam tingkah laku nya .

Satu Tanggapan to “Bangsa Cina”

  1. Dimas Says:

    Siap jadikan alam sebagai paru2 dunia dan kembangkan hewan2 langkah agar tidak punah dan tetap LESTARI BUAT GENERASI SELANJUTNYA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: